Breaking News
Loading...
Tuesday, November 22, 2011

Peringatan HAS (Hari Aids Sedunia) yang perdana di BP3TKI sukses dilaksanakan. Meski baru tahun ini diadakan perayaan HAS tetapi BP3TKI sudah lama berkiprah dalam pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di kalangan CTKI ( Calon Tenaga Kerja Indonesia). BP3TKI Jawa Tengah sebagai salah satu lembaga Pemerintah yang bertanggung jawab dalam hal memberikan Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan untuk para calon TKI yang akan berangkat ke luar negeri dan TKI yang pulang dari luar negeri. Pada Tahun 2008, Negara-negara tujuan TKI memprasyaratkan bahwa calon TKI yang mau ke luar negeri harus bebas HIV (test HIV menjadi syarat mutlak untuk CTKI), berdasarkan aturan tersebut BP3TKI Jawa Tengah pada awal tahun 2009 membentuk Komite Penanggulangan HIV-AIDS yang beranggotakan unsur dari BP3TKI Jawa Tengah, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kesehatan, Sarana Kesehatan dan LSM Kalandara yang salah satu tugasnya memberikan informasi tentang kesehatan secara umum terutama Info IMS HIV-AIDS untuk para calon TKI dan memberikan pendampingan pada TKI yang dipulangkan oleh Negara tujuan karena terinfeksi HIV-AIDS.

Peringatan HAS ( Hari Aids Sedunia ) diadakan di BP3TKI Jateng pada tanggal 4 November 2011 sebagai wujud partisipasi dan kepedulian BP3TKI Jawa Tengah pada aksi nasional pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS bekerjasama dengan KALANDARA, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kesehatan, Sarana Kesehatan.
Ada sekitar 500 peserta yang hadir. Peserta perayaan HAS terdiri dari BNP2TKI, KPA Jateng, KPA Kabupaten Semarang, KPA Kota Semarang, Sarana kesehatan, DISNAKERTRANDUK Jateng, Disnaker Kota Semarang, PJTKI seluruh Wilayah Jateng dan 2 orang ODHA ( Orang dengan HIV-AIDS ). kegiatan tersebut dikemas dengan bentuk “Sport Edutainment” diawali dengan senam pagi kemudian sosialisasi HIV-AIDS serta sharing ODHA, dengan hiburan musik dangdut dan ada juga stan konsultasi tentang IMS – HIV & AIDS oleh KALANDARA.
Antusias dan minat peserta tentang informasi IMS – HIV & AIDS sangat besar hingga Stan untuk informasi IMS – HIV & AIDS di kunjungi ratusan peserta yang ingin tahu tentang IMS – HIV & AIDS. Di Stan tersebut disediakan informasi tentang IMS – HIV & AIDS dalam bentuk liflet, stiker, kaset CD dan kaset Tape. Di sebelah Stan informasi IMS – HIV & AIDS terdapat pula stan konsultasi dan outlet kondom. Outlet kondom diserbu banyak orang yang ingin mendapatkan kondom untuk mencegah tertular IMS – HIV & AIDS. Dengan ramah KALANDARA menjawab setiap pertanyaan yang diajukan peserta konsultasi hingga mereka merasa jelas cara mencegah penularan IMS – HIV & AIDS. KALANDARA sebagai pemilik stan merasa puas bisa memberikan informasi secara lugas dan akurat sesuai fakta yang ada.
Disisi kiri lapangan para peserta menandatangani “KOMITMEN BERSAMA PERANG MELAWAN HIV-AIDS UNTUK TKI PENGHAPUSAN STIGMA DAN DISKRIMINASI DI TEMPAT KERJA”. Diawali oleh Kepala BNP2TKI Bapak Moh. Jumhur Hidayat, kemudian diikuti oleh para peserta turut membubuhkan tandatangan sebagai bentuk dukungan.


Rangkaian kegiatan HAS di BP3TKI
Dalam menyambut HAS ,BP3TKI Jateng, KALANDARA dan Sarana Kesehatan mengadakan Talk Show dan dialog interaktif dibeberapa tempat seperti: Talk Show dan dialog interaktif di Banyumas TV tanggal 25 Oktober 2011, jam 20.00-21.00 WIB dengan narasumber Drs.AB.Rachman,MSi dari BP3TKI Jateng, Yakobus Kristono dari LSM kalandara dan Dr. Rosdiana dari Sarana Kesehatan. Kemudian diadakan dialog Interaktif di Radio Republik Indonesia pada tanggal 1 November 2011, jam 10.00-11.00 WIB dengan narasumber Drs.AB.Rachman,MSi dari BP3TKI Jateng, Yakobus Kristono dari LSM kalandara dan Dr. Kenneth dari Sarana Kesehatan dilanjutkan diadakan Talk Show dan dialog interaktif juga diadakan di TVRI pada tanggal 1 November 2011, jam 18.00-19.00 WIB dengan narasumber Drs.AB.Rachman,MSi dari BP3TKI Jateng, Yakobus Kristono dari KALANDARA, Dr. Muchlis AU Sufro,Sp.PD dan Dwi Hendro dari APJATI Jateng. HIV-AIDS menjadi ranah issu kesehatan yang melekat dengan tenaga kerja Indonesia ( TKI ). Dikarenakan negara tujuan TKI memberikan syarat TKI harus bebas HIV-AIDS dan tren epidemic HIV-AIDS yang berkembang pada TKI. Kegiatan dialog interaktif ini bertujuan untuk sosialisasi perkembangan tren informasi sehubungan dengan situasi epidemic HIV-AIDS pada TKI dan Peringatan hari AIDS Sedunia 2011, aksi nasional KOMITE HIV-AIDS BP3TKI Propinsi Jawa Tengah ( wujud partisipasi & kepedulian BP3TKI Jawa Tengah pada aksi nasional pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS ).
Selain Talk Show dan dialog interaktif di Station TV, Radio, bekerjasama dengan KALANDARA, BP3TKI dalam Bulan Oktober – November 2011 melakukan 3 kali kegiatan penyuluhan tentang kesehatan secara umum terutama informasi IMS HIV-AIDS di 3 lokasi Sekolah Menengah Kejuruan yaitu yang pertama diadakan pada tanggal 26 Oktober 2011 di SMK Tunas Karya Comal dengan 78 siswa yang menjadi peserta, kemudian yang kedua diadakan pada tanggal 2 November 2011 di SMK NU Kesesi Pekalongan dengan peserta 178 siswa dan yang ketiga diadakan pada tanggal 3 November 2011 di SMK Bina Nusantara Ungaran dengan peserta 100 siswa. Dan sebagai Puncak Acara peringatan HAS diadakan “Sport Edutainment” pada tanggal 4 November 2011 jam 07.00- Selesai


Penyuluhan IMS, HIV-AIDS di SMK
SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan ) melahirkan calon TKI di sektor formal di perusahaan seperti perusahaan elektronika, garmen, mesin dan sebagainya. Rangkaian kegiatan BP3TKI Jawa Tengah, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kesehatan, Sarana Kesehatan dan LSM Kalandara dalam upaya pencegahan HIV-AIDS di kalangan pelajar SMK calon TKI adalah dengan memberikan informasi tentang kesehatan secara umum terutama informasi IMS HIV-AIDS kepada pelajar.
Bekerjasama dengan Kalandara, BP3TKI dalam Bulan Oktober – November 2011 melakukan 3 kali kegiatan penyuluhan tentang kesehatan secara umum terutama informasi IMS HIV-AIDS di 3 lokasi Sekolah Menengah Kejuruan yaitu yang pertama diadakan pada tanggal 26 Oktober 2011 di SMK Tunas Karya Comal dengan 78 siswa yang menjadi peserta, kemudian yang kedua diadakan pada tanggal 2 November 2011 di SMK NU Kesesi Pekalongan dengan peserta 178 siswa dan yang ketiga diadakan pada tanggal 3 November 2011 di SMK Bina Nusantara Ungaran dengan peserta 100 siswa.
“Baru kali ini ada kegiatan seperti ini” celetuk seorang siswa. Mereka senang dengan informasi yang diberikan dan ternyata kegiatan ini adalah yang pertama di sekolah mereka. Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari para siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan mendapat dukungan dari Kepala Sekolah dan guru di SMK tersebut. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan sekitar cara pencegahan HIV-AIDS dan banyaknya mitos tentang penyebaran HIV-AIDS.

4 komentar:

kalandara_org@yahoo.com

Powered By Blogger